Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BSN Dukung Pembangunan IKN yang Ber-SNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 15 November 2023, 15:59 WIB
BSN Dukung Pembangunan IKN yang Ber-SNI
Ilustrasi pembangunan IKN/Net
rmol news logo Badan Standardisasi Nasional (BSN) memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan mematuhi standar SNI yang telah ditetapkan.

Kepala BSN, Kukuh S. Achmad mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam menciptakan IKN yang sesuai standar tersebut.

"Kebetulan saya hari Jumat kemarin abis dari IKN saya mengadakan kunjungan di sana dan bertemu dengan otoritas IKN yang ada di Penajam Paser Utara. BSN tentu dalam hal pembangunan IKN sangat mendukung dan berkontribusi memastikan pembangunannya sesuai dengan standar SNI," kata Kukuh saat ditemui di sela-sela acara Bulan Mutu Nasional 2023, di JCC pada Rabu (15/11).

Dalam upaya tersebut Kukuh mendorong penggunaan bahan-bahan konstruksi yang sesuai standard, seperti  besi baja, semen, dan bahan lain yang sesuai SNI, seperti yang telah diwajibkan oleh Menteri Perindustrian.

Saat ini, dikatakan Kukuh, BSN sendiri juga tengah mengembangkan standardisasi untuk penerapan konsep smart city di masa depan, yang diharapkan dapat sesuai dengan standar internasional, sebagai langkah mendukung visi IKN sebagai kota cerdas.

"Kita bicara smart city atau green city yang SNI nya belum diwajibkan, tapi kita mendorong karena itu cita-citanya IKN jadi kota cerdas, maka SNI harus jadi acuannya," pungkasnya.

Adapun standardisasi itu digencarkan di tengah upaya pemerintah menuju target Net Zero Emissions, dengan mengurangi tingginya emisi Gas Rumah Kaca yang berasal dari sektor industri di dalam negeri. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA